Daftar Mobil Buatan Indonesia

Mobil Indonesia

Lalu lalang kendaraan roda empat ini sudah tak terhitung jumlahnya di setiap sudut jalanan. Kegunaannya yang sudah melekat dengan keseharian manusia, menjadikan kehadirannya betul-betul diperhitungkan. Berbagai warna dan jenis mobil bisa anda temukan pada hampir setiap waktu. Namun sayang, sebagian besar adalah mobil hasil impor buatan luar negeri.

Kenapa bisa begitu? Ah pertanyaan mudah, anda mungkin sudah tahu jawabannya.

Lalu, apakah Indonesia yang merupakan negara dengan sumber daya manusia yang cukup banyak ini tidak mampu memproduksi mobil sendiri? Eits, tidak begitu kawan. Ketahuilah bahwa sejak zaman dulu, pemerintah sudah menyambut hangat para perusahaan dan ilmuan yang mampu memproduksi mobil secara orisinil asli Indonesia. Untuk memadamkan rasa penasaran anda yang berapi-api, berikut dijabarkan daftar beberapa mobil buatan Indonesia,

1.Mobil Maleo

Mobil Maleo

Mobil Maleo ini merupakan mobil nasional garapan Bacharuddin Jusuf Habibie, ketika beliau menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi, dibawah kepemimpinan Presiden Soeharto. Rancangan mesin dan keseluruhan mobil ini merupakan yang paling canggih pada zamannya. Dengan basic dan visi seorang Insinyur yang dimiliki, BJ Habibie memodifikasi mobil ini dari 0, bekerjasama dengan salah satu perusahaan asal Britania Raya. Namun, saying sekali proyek mobil nasional pertama ini gagal diproduksi untuk pasaran, karena kisruh pemerintahan saat itu yang membuat Presiden Soeharto diturunkan dari kursi kepemimpinan.

2.Mobil Timor

Mobil Timor

Mobil Timor merupakan proyek garapan PT. Timor Putra Nasional, yang dimiliki oleh Tommy Soeharto. Rentan waktu penggarapannya tak jauh dari mobil nasional lainnya, yaitu Mobil Maleo. Namun nasibnya berbeda dengan Maleo, karena Mobil Timor ini sudah sempat diproduksi secara massal untuk dijual di pasaran saat itu. Mobil ini tersedia dalam banyak seri, dengan sedan sebagai seri paling populer. Meskipun sudah tidak diproduksi lagi hari ini, masih banyak orang dan komunitas yang ‘menggilainya’ sebab nilai sejarah yang melekat pada Mobil Timor ini.

3.Mobil Mahesa

Mobil Mahesa

Mobil Mahesa merupakan mobil nasional yang dibangun untuk membantu para petani di pedesaan. Mobil ini merupakan proyek garapan Kiat Motor, yang dipimpin oleh Sukiyat. Dalam salah satu kesempatan, Sukiyat menyatakan bahwa dirinya lahir dari keluarga petani. Dari situlah ia menggagaskan ide pembangunan mobil pedesaan ini. Dengan mesin diesel dan kecepatan rendah, membuat mobil ini irit dan diharapkan mampu menekan biaya tinggi produksi pertanian. Mahesa sendiri diambil dari Bahasa Jawa yang artinya kerbau. Sudah diketahui khalayak ramai bahwasanya kerbau adalah binatang yang tangguh dan sangat membantu para petani. Hal ini berjalan lurus dan erat dengan filosofi Mobil Mahesa, yang dijual dengan harga 50-70 juta di pasaran.

4.Mobil Fin Komodo

Mobil Fin Komodo

Terakhir, ada Mobil Fin Komodo yang merupakan mobil nasional hasil produksi perusahaan asal Cimahi, Jawa Barat. Mobil ini dibangun dengan niat awal agar bisa digunakan di lintasan selain aspal, seperti jalur-jalur perkampungan yang masih belum memiliki jalanan layak. Dengan mesin 4 tak dan kemampuan mobil yang telah disesuaikan, membuat Mobil Fin Komodo ini yang paling sukses secara ekonomi di pasaran. Dari pihak berwajib seperti Kepolisian dan TNI, menjalin kerjasama dengan pihak penggarap mobil Fin Komodo dalam menyuplai kebutuhan mobil bagi para perwiranya. Tidak sedikit juga pihak destinasi wisata yang menyediakan kegiatan outdoor offroad, menggunakan Mobil Fin Komodo ini sebagai ‘alat tunggangnya’.

Nah, begitulah daftar beberapa mobil buatan anak bangsa.

Related Post